Tips

5 Tips Bersepeda Sendiri / Solo Ride

Tips Bersepeda sendiri
Bagikan

Sepeda Impian – Sebagai seorang yang hobi bersepeda tentu anda tidak akan melewatkan satu kesempatan pun untuk mengayuh sepeda anda. Bagi pesepeda waktu senggang di sore atau pagi hari akan terasa sangat nikmat jika di isi dengan kegiatan bersepeda. Namun terkadang susah mencari teman bersepeda sehingga berkendara sendiri. Akan tetapi bersepeda sendirian tidak akan se nyaman bersama-sama dengan para pecinta sepeda atau komunitas. Ada Tips bersepeda sendiri / solo ride yang akan kami bagikan. Apa sajakah itu ?

TIPS BERSEPEDA SENDIRI / SOLO RIDE

Hindari Melawan Angin

Mungkin banyak yang tidak menyadari apa pengaruh angin saat bersepeda. Dengan kecepatan rendah atau sedang memang angin tidak terlalu berpengaruh. Anda yang bersepeda hanya untuk bersantai menikmati suasana jalanan maka bagian yang ini tidak akan menjadi masalah yang buruk.

Berbeda cerita bagi penyuka sepeda dengan kecepatan tinggi, seperti pengguna sepeda balap/ Road bike. Menghindari melawan angin adalah salah satu tips bersepeda sendirian yang harus dilakukan. Angin yang datang dari arah berlawanan akan memperlambat gerak sepeda anda. Alih-alih merasakan kenikmatan bersepeda, anda akan merasa sangat tersiksa. Sebaliknya, jika anda mengikuti arah angin maka kecepatan anda akan semakin cepat.

Bersepeda dengan teman akan membantu anda berperang melawan angin. Anda dan teman anda bisa secara bergantian untuk depan dan di belakang. Jika tidak ada teman anda yang bisa berbagi melawan angin maka langkah yang bisa anda lakukan adalah menunduk serendah mungkin untuk menciptakan sisi aerodinamis.

Hindari Puing-Puing Jalan

Ban kempes atau bocor tidak dapat diprediksi selama bersepeda meskipun anda masih bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggantinya dengan ban tubeless. Hal yang ditakutkan jika sedang bersepeda sendiri adalah kejadian yang tidak diinginkan terjadi ditempat yang sepi. Bersepeda lebih aman ke tempat yang relatif jauh dan sepi jika dilakukan bersama teman-teman.

Seandainya ban anda kempes atau bocor di tempat yang sepi, setidaknya masih ada teman yang menemani anda sampai mendapatkan bengkel terdekat atau menunggu jemputandan ikutilah tips bersepeda ini.

Hati-Hati Dengan Anjing

Kebanyakan anjing yang berlalu lalang di jalanan cukup ramah dengan manusia, akan tetapi beberapa dari anjing-anjing itu akan menjadi masalah besar bagi anda yang bersepeda sendirian. Ada dua kemungkinan buruk yang terjadi saat anda bertemu dengan anjing dijalan.

tips bersepeda sendiri
Tips Bersepeda Sendiri : Hindari anjing yang tidak ramah dengan orang

Pertama, hewan itu akan tiba-tiba muncul melintas tepat di depan anda, Sebagian anjing tidak peduli dengan lalu lintas yang ada. Meskipun sebagian anjing pintar akan melihat situasi jalan sebelum mereka menyebrang. Jika anda tidak siap degan kejadian ini makan kecelakaan pun bisa terjadi.

Kedua, mungkin saja beberapa anjing yang anda temui tidak ramah dengan manusia, sehingga seekor anjing bisa mengejar anda. Kemungkinan anjing bisa berlari lebih cepat daripada kecepatan sepeda yang anda kendarai.

Hindari Batu Kecil / Kerikil

Jalanan dengan hamparan batu-batu kecil tentu sangan tidak mengenakkan bagi pecinta sepeda jalan raya. Selain memberikan goncangan atau getaran, batu kerikil juga dapat membuat ban sepeda anda tergelincir hingga menyebabkan jatuh. Cobalah jangan memegang stang sepeda anda terlalu kuat, karena menahan getaran jalanan akan membuat jari-jari anda menjadi kaku.

Jika anda bersepeda sendiri, Tips bersepeda nya adalah menghindari jalan yang banyak kerikil nya. Karena jika anda jatuh tidak ada teman-teman disekeliling anda. Anda harus berteriak meminta pertolongan kepada orang-orang asing yang ada di sekitar anda.

Hindari Genangan Air

Air yang tergenang dijalan akan membuat anda kesusahan. Banyak hal yang mungkin akan terjadi kepada anda. Oleh karena itu, tetaplah berhati-hati. Air yang tergenang menyulitkan anda melihat sisi jalan yang berlubang. Salah memilih jalur akan membuat anda terperosok ke dalam lubang. Selain visibilitas tekstur jalan yang tidak terlihat oleh anda, ancaman lain yang muncul adalah menurunnya kinerja rem. Selalu berhati hati saat menarik tuas rem di jalanan yang basah.

Tips Bersepeda ini mengajak anda menggunakan tuas rem dengan bijak, Apalagi jika anda menggunakan jenis rim brake. Menarik tuas rem depan akan mengunci roda depan dan membuat anda kehilangan keseimbangan. Pada jalan yang basah gunakan lah rem belakang.

INGIN PUYA ROAD BIKE ? Baca Artikel 5 Pilihan Road Bike Murah Terbaik dan Berkualitas Tahun 2021

KESIMPULAN

Bersepeda memang selalu ada resiko yang akan dihadapi, sebaiknya lakukan kegiatan bersepeda bersama-sama dengan teman anda. Selain berbagi kesenangan mereka juga dapat membantu ketika anda dalam kesulitan. Namun jika terpaksa harus bersepeda sendirian, hindarilah hal-hal yang sudah dibahas di artikel ini. Semoga dengan tips bersepeda sendirian ini anda selalu sehat dan semangat. teruslah berlatih untuk mengikuti berbagai event sepeda seperti tour de singkarak 2021

Bagikan