Part

5 Kelebihan & Kekurangan Frame Sepeda Carbon

farame-sepeda-carbon
Bagikan

Hallo sahabat sepeda impian, masih bingung mau cari sepeda yang mana ? atau sudah bosan dengan sepeda yang sekarang dan mau ganti yang lebih baik ?. Mungkin anda tertarik dengan frame sepeda carbon.

Masih banyak yang beranggapan bahwa material sepeda dengan bahan baja dan alloy adalah yang paling kuat, bahkan sebagian orang takut menggunakan frame dengan material carbon dengan alasan takut patah. Benarkah demikian ? mari kita ulas frame sepeda carbon lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

Frame Sepeda Carbon

Material

Sebagian orang awam menganggap bahwa material carbon hampir sama dengan plastik. Pasalnya, bahan yang sangat ringan dengan permukaan yang halus memang membuat kedua material ini hampir sama.
Akan tetapi tau kah anda bahwa material carbon dibuat dengan bahan yang khusus ? carbon dibuat dengan bahan campuran dari beberapa komponen yang hasil jadinya seperti benang dianyam, selanjutnya serat tersebut dilapisi resin (cairan kental seperti getah yang digunakan memperkuat serat carbon) .

Setelah dilakukan beberapa rangkaian uji coba, ternyata material ini di klaim lebih kuat terhadap benturan dan beban dibandingkan dengan material alloy bahkan material besi sekalipun. Dan poin besarnya adalah material ini sangat ringan yang tentunya sangat efektif jika dibawa berkendara.

Rata-rata produsen sepeda di dunia seperti Trek Bicycle , Canyon, Specialized dan lain-lain telah menggunakan serat ini. Bahkan produsen dalam negeri pun seperti Polygon Bike, United Bike, Trill Bicycle dan Pacific Bike tidak mau ketinggalan. Mereka berlomba-lomba meluncurkan produk unggulan dengan bahan material carbon.

Setelah anda mengetahui poin penting dari material frame sepeda carbon maka terlintas sebuah pertanyaan dalam benak anda, apakah tidak ada kekurangan dari frame sepeda carbon ? Setiap produk apapun itu pasti ada kelebihan dan kekurangannya, Mari kita ulas satu persatu.

5 Kelebihan Frame Sepeda Carbon

kelebihan frame sepeda carbon

Ringan

Soal bobot frame sepeda carbon memang juara, untuk sebuah frame sepeda beratnya bisa hanya 800gr. Sepeda dengan frame yang ringan akan memberikan tambahan daya dorong saat berkendara. Dengan menggunakan bahan yang ringan kecepatan anda akan bertambah signifikan saat bersepeda. Anda akan menikmati perjalanan tanpa rasa capek. Apalagi frame carbon dipadukan dengan groupset shimano serta wheelset yang juga berbobot ringan.

Kuat

Seperti yang dijelaskan diatas, ternyata frame sepeda carbon diklaim lebih kuat dari bahan alloy bahkan besi. frame alloy dan besi tidak bisa meredam benturan keras, sehingga apabila terbentur keras maka akan patah. Sedangkan frame sepeda carbon bisa meredam benturan dengan baik. Oleh karena itu material carbon juga ditemui pada Balap Motor dan mobil seperti MotoGp dan F1.

Tahan Karat

Karena dibuat dengan serat fiber, maka material ini tidak kenal dengan karatan. Tidak seperti alloy atau besi yang sangat cepat karatan jika tidak bisa merawat dengan benar. Seperti saat mencuci sepeda, jika tidak langsung dibersihkan makan frame sepeda alloy dan besi akan berkarat.

Desain Menarik

Frame sepeda carbon dibuat dengan cetakan, sehingga seorang perancang sepeda bisa berinovasi sedemikian rupa karena serat carbon bisa mengikuti cetakan yang sudah disiapkan. Sedangkan alloy dan besi harus terbatas karena disusun dari pipa-pipa besi yang telah ada dan harus dilakukan pengelasan untuk disambung. Pada frame carbon anda tidak akan menemukan bekas las.

Tahan Lama

Dengan beberapa kelebihan diatas tentu material ini akan tahan lebih lama, tahan terhadap benturan serta tidak bisa berkarat sudah cukup untuk frame ini agar bisa bertahan lebih lama dari yang lain. Namun perlu diingat, tahan lama juga tidak mendai jaminan bahwa material ini akan kekal abadi. jika salah dalam merat akan ada masanya untuk butuh perhatian.

5 Kekurangan Frame Sepeda Carbon

kekurangan frame sepeda carbon

Harga Mahal

Berbicara soal harga, hmmm.. Mahal ! harga yang ditawarkan untuk frame sepeda carbon cukup mahal. Sehingga hanya beberapa orang yang memiliki cukup uang saja yang bisa membeli sepeda carbon. Frame carbon hanya ada pada sepeda kelas menengah dan kelas atas. Anda tidak kan menjumpai frame sepeda carbon pada kelas entry level.

Retak = Patah

Meskipun material carbon kuat dan tahan lama, tidak tertutup kemungkinan material ini kan patah meskipun kemungkinan kecil. Frame carbon yang patah biasanya terjadi karena benturan yang sangat kerat atau cacat dari produksi. Jika berniat membeli frame sepeda carbon anda harus hati-hati memeriksa setiap bagiannya.

Susah Diperbaiki

Salah satu material yang susah diperbaiki adalah bahan serat carbon, dibutuhkan keahlian dan keterampilan khusus untuk memperbaikinya. Sedangkan orang yang memiliki keahlian khusus untuk memadukan serat carbon masih sangat sedikit. Dibandingkan dengan bahan besi anda bisa bawa ke tukang las besi dan untuk bahan alloy anda bisa bawa ke tukang las karbit atau aluminium.

Tempat Perbaikan Sedikit

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti bahan retak atau patah, anda akan kesulitan untuk memperbaikinya. Di Indonesia saja masih sangat sedikit produsen atau bengkel yang bisa memperbaiki serat carbon. Sehingga biaya yang akan anda keluarkan untuk memperbaiki akan hampir sama dengan harga membeli frame baru.

Penjualan Frame Sepeda Carbon Masih Sedikit

Penjualan frame sepeda carbon juga tergolong masih sedikit. Frame sepeda carbon paling banyak akan anda temui pada jenis sepeda balap / road bike untuk kompetisi balap. Jika anda hanya untuk menikmati perjalan olahraga anda sepeda dengan frame alloy juga sudah sangat cukup dan harganya terjangkau.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Road Bike Murah Terbaik 2021

Semoga bermanfat untu anda yang sedang bingung mau beli sepeda. mungkin artikel ini bisa membantu agar anda dapat menemukan sepeda impian.

Bagikan